Haryudanto, Dito (2025) Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran PAI pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) AUTIS di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
halaman_depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (580kB)
BAB I.pdf
Download (248kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (253kB)
BAB III.pdf
Download (86kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (355kB)
BAB V.pdf
Download (122kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (155kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan pertama, mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Autis Dengan Siswa Reguler Di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam Implementasi Pembelajaran Diferensiasi.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Autis Dan Siswa Reguler Di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 berjalan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, penyajian, dan evaluasi yang terstruktur dan sesuai kebutuhan siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus (ABK). Kedua, Implementasi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran PAI pada siswa ABK Autis di kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor pendukung dan kendala. Faktor kendala, guru PAI terkait proses untuk mengenal dan memahami karakter dan kemampuan siswa ABK Autis guna mempermudah guru untuk penyesuaian pembelajaran dikelas. Faktor pendukung: yaitu support system perencanaan kurikulum dan peningkatan kualitas pengajar dengan disediakan pelatihan-pelatihan (Personal Development) untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Diferensiasi, PAI, Inklusif, ABK Autis |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Dito Haryudanto |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:19 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:19 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/879 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

