Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran PAI pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) AUTIS di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Haryudanto, Dito (2025) Implementasi Pembelajaran Diferensiasi pada Mata Pelajaran PAI pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) AUTIS di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman_depan.pdf] Text
halaman_depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pertama, mendeskripsikan Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Autis Dengan Siswa Reguler Di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan kendala yang dihadapi oleh guru PAI dalam Implementasi Pembelajaran Diferensiasi.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber dan dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Mata Pelajaran PAI Pada Siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) Autis Dan Siswa Reguler Di Kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025 berjalan melalui tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, penyajian, dan evaluasi yang terstruktur dan sesuai kebutuhan siswa, termasuk siswa berkebutuhan khusus (ABK). Kedua, Implementasi pembelajaran diferensiasi pada mata pelajaran PAI pada siswa ABK Autis di kelas X Inklusif Middle Year Program (MYP) Al Firdaus Sukoharjo dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor pendukung dan kendala. Faktor kendala, guru PAI terkait proses untuk mengenal dan memahami karakter dan kemampuan siswa ABK Autis guna mempermudah guru untuk penyesuaian pembelajaran dikelas. Faktor pendukung: yaitu support system perencanaan kurikulum dan peningkatan kualitas pengajar dengan disediakan pelatihan-pelatihan (Personal Development) untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi para guru.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Diferensiasi, PAI, Inklusif, ABK Autis
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dito Haryudanto
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:19
Last Modified: 28 Nov 2025 01:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year