Azzahra, Salma Azizah (2025) Analisis Komparatif Kelas Internasional dan Reguler terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (913kB)
BAB I.pdf
Download (454kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (640kB)
BAB III.pdf
Download (496kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (902kB)
BAB V.pdf
Download (207kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (400kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Seiring berkembangnya dunia pendidikan, madrasah mulai menerapkan kelas internasional sebagai alternatif pembelajaran dengan kurikulum lebih luas dan fasilitas yang modern. Namun, kelas reguler tetap menjadi bentuk pembelajaran mayoritas. Penelitian ini berfokus pada perbandingan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak antara siswa kelas internasional dan reguler di MTsN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Data dikumpulkan melalui pengukuran capaian kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas internasional dan reguler pada tahun ajaran 2024/2025 dengan pelaksanaan penelitian di MTsN 2 Sukoharjo pada bulan Juni–Juli 2025. Analisis data dilakukan untuk mengetahui perbedaan signifikan antar kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas internasional tergolong cukup baik hingga baik, dengan keunggulan utama pada ranah kognitif (rata-rata 1.48). Sementara itu, siswa kelas reguler menunjukkan capaian yang lebih stabil, khususnya pada ranah psikomotorik (rata-rata 25.68). Perbandingan antar kelas memperlihatkan adanya perbedaan signifikan pada aspek kognitif, di mana siswa kelas internasional lebih unggul dibandingkan kelas reguler. Namun, pada aspek afektif dan psikomotorik tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, kelas internasional lebih menonjol pada kemampuan kognitif, sedangkan kelas reguler tetap konsisten dalam penguatan aspek afektif dan psikomotorik melalui budaya religius madrasah.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Pendidikan |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam > 2X3.6 Iman Kepada Qadha dan Qadar, Takdir |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Salma Azizah Azzahra |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 01:32 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 01:32 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/891 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

