Analisis Komparatif Kelas Internasional dan Reguler terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Azzahra, Salma Azizah (2025) Analisis Komparatif Kelas Internasional dan Reguler terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Seiring berkembangnya dunia pendidikan, madrasah mulai menerapkan kelas internasional sebagai alternatif pembelajaran dengan kurikulum lebih luas dan fasilitas yang modern. Namun, kelas reguler tetap menjadi bentuk pembelajaran mayoritas. Penelitian ini berfokus pada perbandingan prestasi belajar mata pelajaran Akidah Akhlak antara siswa kelas internasional dan reguler di MTsN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif dengan pendekatan deskriptif dan inferensial. Data dikumpulkan melalui pengukuran capaian kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas internasional dan reguler pada tahun ajaran 2024/2025 dengan pelaksanaan penelitian di MTsN 2 Sukoharjo pada bulan Juni–Juli 2025. Analisis data dilakukan untuk mengetahui perbedaan signifikan antar kedua kelompok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas internasional tergolong cukup baik hingga baik, dengan keunggulan utama pada ranah kognitif (rata-rata 1.48). Sementara itu, siswa kelas reguler menunjukkan capaian yang lebih stabil, khususnya pada ranah psikomotorik (rata-rata 25.68). Perbandingan antar kelas memperlihatkan adanya perbedaan signifikan pada aspek kognitif, di mana siswa kelas internasional lebih unggul dibandingkan kelas reguler. Namun, pada aspek afektif dan psikomotorik tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Dengan demikian, kelas internasional lebih menonjol pada kemampuan kognitif, sedangkan kelas reguler tetap konsisten dalam penguatan aspek afektif dan psikomotorik melalui budaya religius madrasah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Pendidikan
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X3 Aqaid, Aqidah, Akidah, Ilmu Kalam > 2X3.6 Iman Kepada Qadha dan Qadar, Takdir
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Salma Azizah Azzahra
Date Deposited: 28 Nov 2025 01:32
Last Modified: 28 Nov 2025 01:32
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year