Ahmada, Futiha Alambarra Amaan (2024) Strategi Belajar Berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) pada Santriwati Berprestasi di Pondok Pesantren Imam Bukhari Karanganyar. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (122kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (238kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (220kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (98kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (129kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB) | Request a copy
Abstract
Tipe kepribadian merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi perilaku individu untuk menentukan gaya dan strategi dalam meningkatkan proses belajar demi tercapainya keberhasilan belajar. Adanya teori belajar MBTI (Myers-Briggs Type Indicator) menjadi peluang terbukanya pemahaman terkait gaya dan strategi belajar individu yang secara khusus dikaitkan dengan tipe kepribadian. Penelitian ini bermaksud untuk mengeksplorasi strategi belajar melalui teori gaya belajar berdasarkan MBTI yang digunakan oleh peserta didik berprestasi khususnya yang berada di lembaga pendidikan berbasis pondok pesantren.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan triangulasi metode dalam pengumpulan data yakni wawancara, observasi, dan studi dokumen. Dengan menggunakan kuisioner dalam penentuan sumber data, penelitian ini juga menjadikan peneliti sebagai instrumen tunggal penelitian. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini berupa santriwati pondok pesantren Imam Bukhari Karanganyar dengan prestasi akdemik yang tinggi disertai dengan keaktifan dalam berorganisasi serta berakhlak baik. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan teori dari Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Dari hasil analisis data ini, diperoleh temuan berupa penjelasan dan penjabaran yang bersifat deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tipe gaya belajar MBTI pada santriwati berprestasi pondok pesantren Imam Bukhari, diantaranya ISTJ, ISFP, ESTJ, ISFJ, dan INTJ. Dari lima gaya belajar yang ditemukan, gaya belajar yang dominan pada santriwati berprestasi adalah tipe yang ideal bagi pembelajar di pondok pesantren, yakni introvert dominan sensing. Adapun rumusan strategi belajar yang ditemukan tampak beberapa tipe diantaranya memiliki kesamaan strategi antara tipe satu dengan yang lain dan cenderung bersifat personal masing-masing individu. Lebih lanjut, meskipun pada hakekatnya strategi berdasarkan gaya belajar MBTI ini tidak dapat dijadikan acuan secara pasti, namun rumusan strategi belajar yang dihasilkan pada santriwati berprestasi ini secara khusus dapat memberikan gambaran yang diperlukan untuk menunjang keefektifan dan hasil belajar peserta didik.
Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Belajar, MBTI, Santri Berprestasi, Pesantren |
Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Futiha Alambarra Amaan Ahmada |
Date Deposited: | 29 Apr 2025 06:32 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 06:32 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/90 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year