Saifudin, MH (2024) Pelaksanaan Nilai Nilai Islam dalam Sejarah Kebudayaan Islam pada Pengajaran Bahasa Inggris. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (336kB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (321kB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (314kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (420kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diintegrasikan ke dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris dan peserta didik di madrasah aliyah yang telah mengimplementasikan integrasi materi Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengajaran Bahasa Inggris. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan nilai-nilai Islam dalam pengajaran Bahasa Inggris dilakukan melalui pemilihan materi ajar yang relevan, penggunaan tokoh-tokoh Islam sebagai bahan bacaan, serta penekanan pada nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama dalam proses pembelajaran. Integrasi ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan pemahaman yang lebih kontekstual terhadap nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type/Tipe Dokumen: | Tesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | nilai-nilai Islam, Sejarah Kebudayaan Islam, pengajaran Bahasa Inggris, integrasi nilai, pendidikan karakter |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.4 Islam dan Ilmu Bahasa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | MH Saifudin |
Date Deposited: | 19 May 2025 06:46 |
Last Modified: | 19 May 2025 06:46 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/93 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year