Pelaksanaan Nilai Nilai Islam dalam Sejarah Kebudayaan Islam pada Pengajaran Bahasa Inggris

Saifudin, MH (2024) Pelaksanaan Nilai Nilai Islam dalam Sejarah Kebudayaan Islam pada Pengajaran Bahasa Inggris. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (321kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan nilai-nilai Islam dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang diintegrasikan ke dalam pengajaran Bahasa Inggris. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga membentuk karakter peserta didik melalui integrasi nilai-nilai keislaman dalam berbagai mata pelajaran, termasuk Bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Inggris dan peserta didik di madrasah aliyah yang telah mengimplementasikan integrasi materi Sejarah Kebudayaan Islam dalam pengajaran Bahasa Inggris. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan nilai-nilai Islam dalam pengajaran Bahasa Inggris dilakukan melalui pemilihan materi ajar yang relevan, penggunaan tokoh-tokoh Islam sebagai bahan bacaan, serta penekanan pada nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama dalam proses pembelajaran. Integrasi ini mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dan memberikan pemahaman yang lebih kontekstual terhadap nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai Islam, Sejarah Kebudayaan Islam, pengajaran Bahasa Inggris, integrasi nilai, pendidikan karakter
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.4 Islam dan Ilmu Bahasa
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MH Saifudin
Date Deposited: 19 May 2025 06:46
Last Modified: 19 May 2025 06:46
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/93

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year