Penerapan Metode Iqra dalam Penguatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas 7b Madrasah Tsanawiyah Qoryatul Qur’an Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Sulistyan, Daffa Luqma (2025) Penerapan Metode Iqra dalam Penguatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas 7b Madrasah Tsanawiyah Qoryatul Qur’an Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode iqra dalam penguatan kualitas bacaan Al Qur’an pada siswa kelas VII MTs Qoryatul Qur’an Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang peneltian ini berangkat dari realitas bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca Al Qur’an secara tepat baik dari segi pelafalan huruf, pemahaman harakat, maupun penerapan tajwid dasar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif miles & hubberman dengan tahap pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode iqra mampu menguatkan kualitas bacaan Al Qur’an siswa secara bertahap. Pembelajaran dilakukan mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, penggunaan harakat, hingga penggabungan kata dan penerapan tajwid sederhana. Kualitas bacaan Al Qur’an mengalami perkembangan signifikan, terlihat dari kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai makhraj, memahami hukum tajwid sederhana, serta peningkatan kelancaran dan rasa percaya diri dalam membaca. Meski demikian, masih ditemukan kelemahan pada sebagian siswa, khususnya dalam menjaga panjang-pendek bacaan dan konsistensi penerapan tajwid. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Iqra memiliki peran penting dalam membangun penguatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan, sehingga relevan sebagai metode pembelajaran Al-Qur’an di tingkat menengah .

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Iqra, Bacaan Al Qur’an, Pendidikan Madrasah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Daffa Luqma Sulistyan
Date Deposited: 04 Dec 2025 07:40
Last Modified: 04 Dec 2025 07:40
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year