Sulistyan, Daffa Luqma (2025) Penerapan Metode Iqra dalam Penguatan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Siswa Kelas 7b Madrasah Tsanawiyah Qoryatul Qur’an Weru Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (648kB)
BAB I.pdf
Download (167kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (332kB)
BAB III.pdf
Download (198kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
BAB V.pdf
Download (138kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (173kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (432kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode iqra dalam penguatan kualitas bacaan Al Qur’an pada siswa kelas VII MTs Qoryatul Qur’an Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang peneltian ini berangkat dari realitas bahwa sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam membaca Al Qur’an secara tepat baik dari segi pelafalan huruf, pemahaman harakat, maupun penerapan tajwid dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model analisis interaktif miles & hubberman dengan tahap pengumpulan data, kodensasi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode iqra mampu menguatkan kualitas bacaan Al Qur’an siswa secara bertahap. Pembelajaran dilakukan mulai dari pengenalan huruf hijaiyah, penggunaan harakat, hingga penggabungan kata dan penerapan tajwid sederhana. Kualitas bacaan Al Qur’an mengalami perkembangan signifikan, terlihat dari kemampuan siswa dalam melafalkan huruf sesuai makhraj, memahami hukum tajwid sederhana, serta peningkatan kelancaran dan rasa percaya diri dalam membaca. Meski demikian, masih ditemukan kelemahan pada sebagian siswa, khususnya dalam menjaga panjang-pendek bacaan dan konsistensi penerapan tajwid. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Iqra memiliki peran penting dalam membangun penguatan kualitas bacaan Al-Qur’an siswa secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan, sehingga relevan sebagai metode pembelajaran Al-Qur’an di tingkat menengah .
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Iqra, Bacaan Al Qur’an, Pendidikan Madrasah |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Daffa Luqma Sulistyan |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 07:40 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 07:40 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

