Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025

Qodri, Ahmad Fathir (2025) Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'Ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (526kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (459kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mojolaban. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Populasi penelitian berjumlah 347 siswa beragama Islam, dengan sampel sebanyak 187 siswa yang ditentukan melalui teknik sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan uji korelasi serta regresi linear.
Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua serta motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Nilai signifikansi sebesar 0,000 (<0,05) dengan nilai korelasi perhatian orang tua (r = 0,314) dan motivasi belajar (r = 0,725) menunjukkan hubungan searah yang kuat. Hasil uji t memperlihatkan perhatian orang tua (t = 2,18) dan motivasi belajar (t = 13,21) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar, sedangkan uji F (F = 106,98 > 3,04) membuktikan bahwa keduanya berpengaruh secara simultan. Nilai koefisien determinasi (R² = 0,538) mengindikasikan bahwa 53,8% variasi hasil belajar dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain di luar penelitian ini.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Perhatian Orang Tua
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 208 Sumber-sumber Umum Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahmad Fathir Qodri
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:46
Last Modified: 26 Nov 2025 03:46
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year