Sholihah, Fatonah Irani (2025) Pemanfaatan Aplikasi TikTok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (954kB)
Bab I.pdf
Download (1MB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Bab III.pdf
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Download (576kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (670kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (516kB)
Abstract
Pemanfaatan Media Tik tok untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Islam Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Watukelir merupakan sarana untuk menarik perhatian siswa, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi yang disammpaikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pemanfaatan Media Tik tok untuk Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Islam Kelas X Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Ajaran 2023/2024.
Metode penelitian yang digunakan adaalah kualitatif deskriprif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X, sedangkan informan penelitian adalah siswa kelas X. Pengambilan data penelitian ini dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triagulasi sumber dan triagulasi metode. Teknik analisis data dilakukan mengunakan teknik analisis data interaktid MilesHuberman
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemanfaatan media Tik tok untuk meningkatkan motivasi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Watukelir meliputi : Persiapan mengajar yaitu menyiapkan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Menyiapkan link vidio Tik tok, Menyiapkan sarana prasarana penunjang pembelajaran. Proses pembelajaran pada kegiatan inti adalah: Guru menjelaskan mangsut dan tujuan pembelajaran kemudian guru menayangkan vidio Tik tok untuk diamati dan kemudian didiskusikan oleh siswa. Faktor pendukung yaitu Adanya sarana dan prasarana serta adanya di SMA adapun faktor penghambatnya yaitu jaringan internet dan speaker yang terkadang kurang baik.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pemanfaatan Media, TikTok, Sejarah Kebudayaan Islam. |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Fatonah Irani Sholihah |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 03:50 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 03:50 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/942 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

