Penerapan Model Pendidikan Full Day School dalam Peningkatan Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Afifah, Solekhah Nur (2025) Penerapan Model Pendidikan Full Day School dalam Peningkatan Pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model full day school serta dampaknya terhadap peningkatan pembelajaran Akidah Akhlak di MAN 2 Surakarta. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena bahwa pelaksanaan full day school di madrasah tersebut belum sepenuhnya berjalan optimal, meskipun memiliki potensi besar dalam membentuk karakter religius siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini meliputi kepala madrasah, guru Akidah Akhlak, dan salah satu perwakilan siswa kelas XI. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan full day school di MAN 2 Surakarta telah dilaksanakan dengan integrasi kegiatan akademik dan keagamaan, seperti tahsin, kultum, dan mentoring. Namun, pelaksanaannya belum sepenuhnya efektif karena keterbatasan waktu, kejenuhan siswa, dan kurangnya variasi kegiatan. Dampaknya terhadap pembelajaran Akidah Akhlak bersifat positif tetapi belum signifikan, siswa menunjukkan peningkatan dalam disiplin, tanggungjawab, dan sikap religius, namun partisipasi mereka masih fluktuatif.
Temuan ini menunjukkan bahwa model full day school berpotensi meningkatkan pembelajaran Akidah Akhlak jika didukung oleh manajemen waktu yang seimbang, metode pembelajaran yang menarik, dan keteladanan guru yang konsisten. Oleh karena itu, diperlukan evaluasi dan inovasi berkelanjutan agar sistem ini dapat berjalan secara efektif dan berdampak optimal terhadap pembentukan akhlak siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Full Day School, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Solekhah Nur Afifah
Date Deposited: 04 Dec 2025 03:15
Last Modified: 04 Dec 2025 03:15
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/961

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year