Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026

Najah, Umi (2025) Pengaruh Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Qur’an Hadits pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model Contextual Teaching and Learning, hasil belajar Qur’an Hadits, serta pengaruh penggunaan Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta tahun ajaran 2025/2026. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII sebanyak 95 siswa, sedangkan sampel berjumlah 75 siswa yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui angket model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan dokumentasi nilai ulangan harian siswa. Analisis data menggunakan uji korelasi Spearman karena data tidak berdistribusi normal. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,126 dengan signifikansi 0,282 (> 0,05). Hal ini berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Contextual Teaching and Learning terhadap hasil belajar Qur’an Hadits pada siswa kelas VIII MTs Al-Islam Jamsaren Surakarta, dengan tingkat hubungan yang sangat lemah. Dengan demikian, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning belum mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan hasil belajar Qur’an Hadits siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar, Qur’an Hadits
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Umi Najah
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:15
Last Modified: 26 Nov 2025 01:15
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year