Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026

Zuhro, Maryam Alhansa (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (895kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran fiqih di SMP Al-Islam 1 Surakarta yang selama ini masih menggunakan metode klasikal dengan ceramah konvensional. Pola pembelajaran tersebut menjadikan siswa pasif, hanya mendengarkan, mencatat, dan menghafal tanpa adanya keterlibatan aktif dalam proses menemukan pengetahuan. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi serta hasil belajar sebagian siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang lebih inovatif, partisipatif, dan mampu melibatkan siswa secara langsung, salah satunya adalah model Discovery Learning.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar fiqih siswa sebelum diterapkan model Discovery Learning, (2) mengetahui hasil belajar setelah penerapan model tersebut, serta (3) menguji efektivitas model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar fiqih siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII G yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test, karena data berdistribusi tidak normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 8,27 dengan standar deviasi 1,856 meningkat menjadi 9,50 dengan standar deviasi 1,106 pada posttest. Distribusi kategori juga mengalami perubahan signifikan: kategori rendah menurun dari 3,3% menjadi 0%, kategori sedang menurun dari 20% menjadi 6,7%, sedangkan kategori tinggi meningkat dari 76,7% menjadi 93,3%. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maryam Alhansa Zuhro
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:19
Last Modified: 26 Nov 2025 01:19
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/966

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year