Zuhro, Maryam Alhansa (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Al-Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (620kB)
BAB I.pdf
Download (193kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (174kB)
BAB III.pdf
Download (183kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (248kB)
BAB V.pdf
Download (104kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (80kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (895kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran fiqih di SMP Al-Islam 1 Surakarta yang selama ini masih menggunakan metode klasikal dengan ceramah konvensional. Pola pembelajaran tersebut menjadikan siswa pasif, hanya mendengarkan, mencatat, dan menghafal tanpa adanya keterlibatan aktif dalam proses menemukan pengetahuan. Hal ini berdampak pada rendahnya motivasi serta hasil belajar sebagian siswa yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang lebih inovatif, partisipatif, dan mampu melibatkan siswa secara langsung, salah satunya adalah model Discovery Learning.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui hasil belajar fiqih siswa sebelum diterapkan model Discovery Learning, (2) mengetahui hasil belajar setelah penerapan model tersebut, serta (3) menguji efektivitas model Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar fiqih siswa kelas VIII SMP Al-Islam 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VIII G yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan melalui statistik deskriptif dan uji non-parametrik Wilcoxon Signed Rank Test, karena data berdistribusi tidak normal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 8,27 dengan standar deviasi 1,856 meningkat menjadi 9,50 dengan standar deviasi 1,106 pada posttest. Distribusi kategori juga mengalami perubahan signifikan: kategori rendah menurun dari 3,3% menjadi 0%, kategori sedang menurun dari 20% menjadi 6,7%, sedangkan kategori tinggi meningkat dari 76,7% menjadi 93,3%. Uji hipotesis menggunakan Wilcoxon menghasilkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning, Hasil Belajar, Fiqih |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Maryam Alhansa Zuhro |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:19 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:19 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/966 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

