Pengaruh Gerakan Literasi Al Qur’an dan Peran Guru dalam Program Jumat Taqwa terhadap Minat Baca Al Quran Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kerjo

Arsinta, Aulia (2024) Pengaruh Gerakan Literasi Al Qur’an dan Peran Guru dalam Program Jumat Taqwa terhadap Minat Baca Al Quran Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri Kerjo. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (828kB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Gerakan Literasi Al Quran dan Peran Guru terhadap minat baca Al Quran siswa di SMA Negeri Kerjo. Metode penelitian kuantitatif digunakan dengan 90 responden sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Analisis deskriptif menunjukkan bahwa minat baca Al Quran siswa secara keseluruhan berada dalam kategori rendah. Hasil analisis regresi linear berganda mengungkapkan bahwa Gerakan Literasi Al Quran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap minat baca siswa (nilai signifikansi 0.569). Sebaliknya, Peran Guru terbukti memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap minat baca siswa (nilai signifikansi 0.000).
Meskipun uji simultan menunjukkan kedua variabel secara bersama-sama berpengaruh signifikan, hal ini disebabkan oleh dominasi pengaruh kuat dari Peran Guru. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa Peran Guru merupakan faktor kunci dan satu-satunya pendorong efektif dalam menumbuhkan minat baca Al Quran siswa. Implikasi praktisnya, sekolah disarankan untuk mengalihkan sumber daya dari program literasi yang tidak efektif ke penguatan kapasitas dan peran guru, karena intervensi yang bersifat personal dan konsisten terbukti lebih ampuh dalam membentuk kebiasaan dan karakter siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi, Peran Guru, Minat Baca
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X1 Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Arsinta
Date Deposited: 05 Dec 2025 06:45
Last Modified: 05 Dec 2025 06:45
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/971

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year