Pengaruh Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IX MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2025/2026

Rahman, Aulia (2025) Pengaruh Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IX MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (283kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (549kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ceramah dan tanya jawab serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IX MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2025/2026. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen sederhana, melibatkan 48 responden siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tertulis, sedangkan data proses pembelajaran diperoleh dari observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah dan tanya jawab termasuk dalam kategori cukup baik berdasarkan hasil penilaian responden. Namun, secara statistik, metode ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai R-square sebesar 0,011 (11%). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tersebut hanya berkontribusi sebagian kecil terhadap perubahan hasil belajar siswa, dan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.
Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru dan pihak sekolah melakukan inovasi dan variasi dalam strategi pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal. Penelitian ini juga menegaskan perlunya pendalaman terhadap faktor-faktor pendukung lain seperti motivasi belajar, media pembelajaran, dan peran guru dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak agar keberhasilannya lebih maksimal.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aulia Rahman
Date Deposited: 27 Nov 2025 08:22
Last Modified: 27 Nov 2025 08:22
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year