Rahman, Aulia (2025) Pengaruh Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IX MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (283kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
BAB III.pdf
Download (421kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (549kB)
BAB V.pdf
Download (323kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (626kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode ceramah dan tanya jawab serta pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas IX MTs Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2025/2026. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen sederhana, melibatkan 48 responden siswa yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes tertulis, sedangkan data proses pembelajaran diperoleh dari observasi dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah dan tanya jawab termasuk dalam kategori cukup baik berdasarkan hasil penilaian responden. Namun, secara statistik, metode ini tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa, dengan nilai R-square sebesar 0,011 (11%). Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode tersebut hanya berkontribusi sebagian kecil terhadap perubahan hasil belajar siswa, dan sebagian besar dipengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti.
Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar guru dan pihak sekolah melakukan inovasi dan variasi dalam strategi pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat ditingkatkan secara optimal. Penelitian ini juga menegaskan perlunya pendalaman terhadap faktor-faktor pendukung lain seperti motivasi belajar, media pembelajaran, dan peran guru dalam proses pembelajaran Aqidah Akhlak agar keberhasilannya lebih maksimal.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Penerapan Metode Ceramah Dan Tanya Jawab, Hasil Belajar |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Aulia Rahman |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 08:22 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 08:22 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1013 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

