Peran Guru Fiqih dalam Menanamkan Nilai Moderasi Beragama pada Santri Kelas IX di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Ikhlas Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Muslim, Khoirul (2025) Peran Guru Fiqih dalam Menanamkan Nilai Moderasi Beragama pada Santri Kelas IX di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al Ikhlas Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[thumbnail of bab 1.pdf] Text
bab 1.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of bab 2.pdf] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (729kB)
[thumbnail of bab 3.pdf] Text
bab 3.pdf

Download (518kB)
[thumbnail of bab 4.pdf] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[thumbnail of bab 5.pdf] Text
bab 5.pdf

Download (424kB)
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (351kB)
[thumbnail of lampiran.pdf] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peran guru Fiqh, serta faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan nilai moderasi beragama pada santri kelas IX di Pondok Pesantren Al-Ikhlas.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek dan informan dalam penelitian ini adalah guru PAI mata pelajaran Fiqh, Kepsek, dan murid. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentsi yang selanjutnya data yang diperoleh divalidasi menggunakan teknik triangulasi. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru Fiqh memainkan peran penting dalam menanamkan nilai moderasi beragama, yaitu sebagai perencana pembelajaran, edukator, dan motivator. Sedangkan faktor pendukung terdiri dari kayanya kepustakaan, aktifnya literasi, budaya saling menghargai, dan asatidz yang terbuka. Adapun faktor penghambat meliputi keras kepala dan kurangnya wawasan dalam moderasi beragama.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Moderasi Beragama, Fiqh Bulughul Maram
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirul Muslim
Date Deposited: 26 Nov 2025 01:54
Last Modified: 26 Nov 2025 01:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year