Hubungan antara Kegiatan Belajar Malam dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hadits di SMP Al Ihsan Al Islami Brebes Tahun Ajaran 2025/2026

Hadi, Muhsin (2025) Hubungan antara Kegiatan Belajar Malam dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hadits di SMP Al Ihsan Al Islami Brebes Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (713kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kebiasaan belajar memiliki pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar siswa. Ada banyak bentuk kebiasaan belajar, diantaranya kebiasaan belajar di malam hari. Dalam lingkungan pondok pesantren, kebiasaan belajar ini biasanya diatur dalam suatu program khusus, yaitu Kegiatan Belajar Malam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kegiatan belajar malam dengan hasil belajar mata pelajaran Hadits di SMP Al Ihsan Al Islami Brebes
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional (deskriptif). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh (sensus) dengan total 68 responden. Data dikumpulkan melalui angket (kuisioner) untuk variabel X dan dokumentasi (nilai ulangan) untuk variabel Y. Analisis data menggunakan rumus Product Moment Pearson.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas Kegiatan Belajar Malam siswa berada dalam kategori "Sedang" dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Hadits berada pada kategori "Sedang". Uji hipotesis menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan secara statistik antara kedua variabel. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,809 (> 0,05) dan koefisien korelasi (r) sebesar -0,030 yang menunjukkan hubungan negatif yang sangat lemah. Kesimpulannya, kegiatan belajar di malam hari bukanlah faktor utama yang mempengaruhi pencapaian siswa dalam mata pelajaran Hadits khususnya di SMP Al Ihsan Al Islami Brebes, terdapat faktor-faktor lain yang memiliki pengaruh lebih dominan.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Kegiatan Belajar Malam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhsin Hadi
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:06
Last Modified: 26 Nov 2025 02:06
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year