Azmi, Ilham (2025) Pengaruh Interaksi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (335kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (384kB)
BAB III.pdf
Download (455kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (538kB)
BAB V.pdf
Download (221kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (298kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (387kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Interaksi Pembelajaran antara guru dan siswa pada mata pelajaran Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025, (2) Bagaiman Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025, (3) Bagimana Pengaruh Interaksi Pembelajaran Terhadap Hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian 32 siswa, dan 32 siswa dipakai semuanya sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasil belajar dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data statistik deskriptif. Kemudian dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis (mengguakan uji korelasi spearman rank).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengaruh Interaksi Pembelajaran berada dalam kategori cukup dengan presentase (31,3%). (2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar memiliki nilai rata-rata 84,5 dan berada dalam kategori sedang dengan presentase (62,5%). Setelah di analisis menggunakan deskriptif analisis, dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan spearman rank. (3) Pengaruh Interaksi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa tidak berpengaruh. Dengan ditemukan rhitung 0,176 dengan nilai signifikan
0,335>0,05.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Interaksi Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI) |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 300.7 Pendidikan Ilmu Sosial 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Azmi Ilham |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 09:02 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 09:02 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1022 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

