Pengaruh Interaksi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025.

Azmi, Ilham (2025) Pengaruh Interaksi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (335kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Interaksi Pembelajaran antara guru dan siswa pada mata pelajaran Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025, (2) Bagaiman Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025, (3) Bagimana Pengaruh Interaksi Pembelajaran Terhadap Hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2024/2025.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi dalam penelitian 32 siswa, dan 32 siswa dipakai semuanya sebagai sampel pada penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan hasil belajar dengan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknis analisis data statistik deskriptif. Kemudian dilakukan uji prasyarat dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji hipotesis (mengguakan uji korelasi spearman rank).
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Pengaruh Interaksi Pembelajaran berada dalam kategori cukup dengan presentase (31,3%). (2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMA Muhammadiyah Darul Arqom Bejen Kabupaten Karanganyar memiliki nilai rata-rata 84,5 dan berada dalam kategori sedang dengan presentase (62,5%). Setelah di analisis menggunakan deskriptif analisis, dan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan homogenitas, dan dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan spearman rank. (3) Pengaruh Interaksi Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa tidak berpengaruh. Dengan ditemukan rhitung 0,176 dengan nilai signifikan
0,335>0,05.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Interaksi Pembelajaran, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 300.7 Pendidikan Ilmu Sosial
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarindividu, Hubungan Antarmanusia, Hubungan Antarpersonal, Psikologi Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Azmi Ilham
Date Deposited: 24 Nov 2025 09:02
Last Modified: 24 Nov 2025 09:02
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1022

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year