Pengaruh Metode Active Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026

Lathifiyah, Atikah (2025) Pengaruh Metode Active Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (709kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (723kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat penggunaan metode Active learning terhadap hasil belajar mata Pelajaran fiqih kelas VIII di Mts Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2026 (2) Tingkat hasil belajar mapel fiqih kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2026 (3) Adakah pengaruh metode Active learning terhadap hasil belajar mata peajaran fiqih kelas VIII di MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2025.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih dan siswa Mts Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo dengan sampel 55 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode Active Learning berada pada kategori tinggi dengan jumlah 35 siswa, sedangkan hasil belajar Fiqih siswa juga berada pada kategori tinggi dengan jumlah 25 siswa. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penerapan metode Active Learning terhadap hasil belajar Fiqih. Dengan demikian, metode Active Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Hasil belajar, Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Atikah Lathifiyah
Date Deposited: 25 Nov 2025 08:34
Last Modified: 25 Nov 2025 08:34
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year