Lathifiyah, Atikah (2025) Pengaruh Metode Active Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab I.pdf
Download (2MB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Bab III.pdf
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Bab V.pdf
Download (709kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (723kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat penggunaan metode Active learning terhadap hasil belajar mata Pelajaran fiqih kelas VIII di Mts Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2026 (2) Tingkat hasil belajar mapel fiqih kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2026 (3) Adakah pengaruh metode Active learning terhadap hasil belajar mata peajaran fiqih kelas VIII di MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun ajaran 2025/2025.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Fiqih dan siswa Mts Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo dengan sampel 55 siswa. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerapan metode Active Learning berada pada kategori tinggi dengan jumlah 35 siswa, sedangkan hasil belajar Fiqih siswa juga berada pada kategori tinggi dengan jumlah 25 siswa. Uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,03 < 0,05, yang berarti terdapat pengaruh signifikan antara penerapan metode Active Learning terhadap hasil belajar Fiqih. Dengan demikian, metode Active Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Active Learning, Hasil belajar, Fiqih |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Atikah Lathifiyah |
| Date Deposited: | 25 Nov 2025 08:34 |
| Last Modified: | 25 Nov 2025 08:34 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

