Khotimah, Khusnul (2025) Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII B di SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (796kB)
BAB I.pdf
Download (491kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (436kB)
BAB III.pdf
Download (485kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (695kB)
BAB V.pdf
Download (190kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (412kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurang maksimalnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang di duga berkaitan dengan rendahnya kedisiplianan belajar siswa. Kedisiplinan belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII B di SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi berjumlah 30. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi yakni 30 siswi. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kedisiplinan belajar dala kategori baik dengan presentase 40%. 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik dengan presentase 47%. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana dengan hasil tinggkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, dengan pengaruh sebesar 26,7%.
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

