Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII B di SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026

Khotimah, Khusnul (2025) Pengaruh Kedisiplinan Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII B di SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (491kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurang maksimalnya hasil belajar Pendidikan Agama Islam yang di duga berkaitan dengan rendahnya kedisiplianan belajar siswa. Kedisiplinan belajar merupakan faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan hasil belajar. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam Siswi Kelas VIII B di SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi berjumlah 30. Sampel yang diambil adalah seluruh populasi yakni 30 siswi. Teknik pengumpulan data mengunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis menggunakan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kedisiplinan belajar dala kategori baik dengan presentase 40%. 2) Hasil belajar Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik dengan presentase 47%. 3) Terdapat pengaruh signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam, hal ini dibuktikan dengan uji regresi linier sederhana dengan hasil tinggkat signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, dengan pengaruh sebesar 26,7%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.5 Disiplin Sekolah dan Aktivitas yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khusnul Khotimah
Date Deposited: 26 Nov 2025 03:57
Last Modified: 26 Nov 2025 03:57
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year