Pengaruh Penerapan Metode Mulazamah terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/205

Hakim, Abdul (2025) Pengaruh Penerapan Metode Mulazamah terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/205. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)

Abstract

Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode mulazamah terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madarasah Aliyah Al Ukhwah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Studi dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo, melibatkan 58 siswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pengujian instrumen pada variabel metode mulazamah dan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Metode analisis data yang digunakan mencakup statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, korelasi Product Moment, serta regresi linear sederhana guna mengidentifikasi hubungan dan pengaruh antara kedua variabel yang diselidiki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan metode mulazamah dan pemahaman siswa dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,625 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Nilai determinasi (R²) sebesar 0,390 menunjukkan bahwa 39% variasi pemahaman siswa dipengaruhi oleh penerapan metode mulazamah. Kesimpulannya, penerapan metode mulazamah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aqidah Akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan Islam untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran berbasis keteladanan dan interaksi langsung.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode, Mulazamah, Pemahaman, Siswa, Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Hakim
Date Deposited: 03 Dec 2025 03:45
Last Modified: 03 Dec 2025 03:45
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year