Hakim, Abdul (2025) Pengaruh Penerapan Metode Mulazamah terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/205. Skripsi, Institut Islam Mamba`ul `Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (287kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (568kB)
BAB III.pdf
Download (420kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (482kB)
BAB V.pdf
Download (267kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (199kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (540kB)
Abstract
Tujuan studi ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan metode mulazamah terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madarasah Aliyah Al Ukhwah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Studi dilaksanakan di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo, melibatkan 58 siswa sebagai responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket yang telah melewati uji validitas dan reliabilitas, sebagaimana ditunjukkan oleh hasil pengujian instrumen pada variabel metode mulazamah dan pemahaman siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Metode analisis data yang digunakan mencakup statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, korelasi Product Moment, serta regresi linear sederhana guna mengidentifikasi hubungan dan pengaruh antara kedua variabel yang diselidiki.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara penerapan metode mulazamah dan pemahaman siswa dengan nilai korelasi (r) sebesar 0,625 dan nilai signifikansi 0,000 (<0,05). Nilai determinasi (R²) sebesar 0,390 menunjukkan bahwa 39% variasi pemahaman siswa dipengaruhi oleh penerapan metode mulazamah. Kesimpulannya, penerapan metode mulazamah terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Aqidah Akhlak. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi lembaga pendidikan Islam untuk mengoptimalkan strategi pembelajaran berbasis keteladanan dan interaksi langsung.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode, Mulazamah, Pemahaman, Siswa, Aqidah Akhlak |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Abdul Hakim |
| Date Deposited: | 03 Dec 2025 03:45 |
| Last Modified: | 03 Dec 2025 03:45 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1098 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

