Implementasi Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026

Amelia, Via Anggi (2025) Implementasi Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fiqh Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2025/2026. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan metode Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fiqh di kelas X SMK Muhammadiyah 2 Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran Fiqh, dan peserta didik kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Problem Based Learning berjalan efektif dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu penyajian masalah kontekstual, diskusi kelompok, pencarian informasi, perumusan solusi, dan refleksi. Siswa terlihat lebih aktif, komunikatif, serta mampu mengaitkan konsep Fiqh dengan persoalan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan penerapan PBL didukung oleh kesiapan guru, dukungan sekolah, dan lingkungan belajar yang kondusif. Namun demikian, masih terdapat kendala berupa keterbatasan waktu dan perbedaan kemampuan berpikir antar siswa.
Secara keseluruhan, penggunaan metode Problem Based Learning terbukti efektif dalam mendorong siswa berpikir kritis, bekerja sama, dan berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran Fiqh.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, berpikir kritis, Fiqh, pembelajaran aktif.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Via Anggi Amelia
Date Deposited: 05 Dec 2025 03:33
Last Modified: 05 Dec 2025 03:33
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1101

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year