Nastain, Abdul (2025) Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlak Kelas VII D di Satuan Pendidikan Muadalah Wustha Majlis Tafsir Al Qur’an Karanganyar Tahun Ajaran 2024–2025. Skripsi, Institut Islam mambau'l ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (427kB)
BAB I.pdf
Download (298kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (378kB)
BAB III.pdf
Download (269kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
BAB V.pdf
Download (153kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (151kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (774kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah dan Akhlak melalui penerapan strategi Index Card Match pada kelas VII D di Satuan Pendidikan Mu’adalah Wustho Majlis Tafsir Al Qur’an Karanganyar Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada tahap pra tindakan, hanya 57% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 77%. Selanjutnya, pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat lagi menjadi 88%. Strategi Index Card Match terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif dan percaya diri dalam proses pembelajaran.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Strategi, Index Card Match, Hasil Belajar |
| Subjects: | 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Abdul Nastain |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 02:31 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1117 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

