Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlak Kelas VII D di Satuan Pendidikan Muadalah Wustha Majlis Tafsir Al Qur’an Karanganyar Tahun Ajaran 2024–2025

Nastain, Abdul (2025) Penerapan Strategi Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah dan Akhlak Kelas VII D di Satuan Pendidikan Muadalah Wustha Majlis Tafsir Al Qur’an Karanganyar Tahun Ajaran 2024–2025. Skripsi, Institut Islam mambau'l ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (774kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah dan Akhlak melalui penerapan strategi Index Card Match pada kelas VII D di Satuan Pendidikan Mu’adalah Wustho Majlis Tafsir Al Qur’an Karanganyar Tahun Ajaran 2024-2025. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada tahap pra tindakan, hanya 57% siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pada siklus I, persentase ketuntasan meningkat menjadi 77%. Selanjutnya, pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat lagi menjadi 88%. Strategi Index Card Match terbukti efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan sehingga mendorong siswa untuk lebih aktif dan percaya diri dalam proses pembelajaran.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Strategi, Index Card Match, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.2 Aneka Ragam tentang Pendidikan
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Nastain
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:31
Last Modified: 09 Dec 2025 02:31
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1117

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year