Evaluasi Model CIPP dalam Program Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Samarinda

Wadi, Asral (2025) Evaluasi Model CIPP dalam Program Pembelajaran Tahfidz Al-Quran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Samarinda. Tesis, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, input, proses, dan produk program tahfidz Quran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan evaluatif, menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti mereduksi data, menyajikannya dalam bentuk deskripsi, dan menarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan penting. Pertama, evaluasi terhadap konteks program tahfidz Quran di Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 1 Samarinda menunjukkan bahwa program ini memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas. Kedua, evaluasi input program tahfidz Quran mengungkapkan bahwa kompetensi guru tahfidz masih perlu ditingkatkan, terutama dalam hal hafalan dan pemahaman membaca Al-Quran. Selain itu, antusiasme peserta didik dalam mengikuti program tahfidz tidak stabil. Meskipun demikian, program ini didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, terutama dengan adanya buku kendali yang dimiliki setiap peserta didik.

Ketiga, evaluasi terhadap proses program tahfidz Quran menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berjalan lancar dan sesuai dengan perencanaan. Metode yang digunakan adalah talaqqi/tahsin. Namun, terdapat kendala berupa keterbatasan waktu pelajaran dan jumlah guru pembimbing tahfidz Quran yang kurang dalam setiap kelas. Keempat, evaluasi terhadap produk program tahfidz menunjukkan bahwa pencapaian target hafalan peserta didik berjalan sesuai dengan rencana, dan sekolah memberikan fasilitas bimbingan tambahan bagi peserta didik yang belum lulus tahfidz, termasuk menahan ijazah mereka sampai dinyatakan lulus.

Item Type/Tipe Dokumen: Tesis
Uncontrolled Keywords: Penilaian Program, Hafalan Al-Quran, Pendekatan CIPP
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 205 Etika Keagamaan,Etika Agama
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana > S2 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asral Wadi
Date Deposited: 11 Dec 2025 04:11
Last Modified: 11 Dec 2025 04:11
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/1125

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year