Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III MI Ta'mirul Islam Tahun Ajaran 2024/2025

Kaffa, Syillmi (2025) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas III MI Ta'mirul Islam Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of pendahuluan.rvs.pdf] Text
pendahuluan.rvs.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB1.pdf] Text
BAB1.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of BAB2PDF.pdf] Text
BAB2PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab3.pdf] Text
Bab3.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Bab4.rvs.pdf] Text
Bab4.rvs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab5.rvs.pdf] Text
Bab5.rvs.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of lampiran.rvs.pdf] Text
lampiran.rvs.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (395kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di SD/MI yaitu kurangnya minat belajar terutama dalam pembelajaran matematika. Minat belajar yang tinggi sangat berpengaruh untuk pemahaman siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah dengan pemberian reward. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui intensitas pemberian reward dalam pembelajaran matematika kelas III MI Ta’mirul Islam Tahun Ajaran 2024/2025, (2) untuk mengetahui intensitas minat belajar siswa kelas III MI Ta’mirul Islam Tahun Ajaran 2024/2025, (3) untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika kelas III MI Ta’mirul Islam Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasi, yang bertujuan untuk menguji hubungan antara dua variabel yaitu pemberian reward dan minat belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ta’mirul Islam, dengan sampel sebanyak 64 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis dekriptif.
Dari hasil penelitian menunjukkan hasil bahwa: (1) pemberian reward di MI Ta’mirul Islam berada pada kategori cukup baik dengan persentase 46,9% (30 responden), (2) Minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika kelas III MI Ta’mirul Islam berada pada kategori cukup baik dengan persentase 51,6% (33 responden), (3) Berdasarkan perhitungan hipotesis, H1 diterima H0 ditolak dengan perhitungan r hitung> r tabel (0,766> 0,396) yang artinya terdapat pengaruh antara pemberian reward dengan minat belajar siswa sebesar 0,766%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Minat Belajar
Subjects: 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 372 Pendidikan Dasar > 372.7 Matematika untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Syillmi Kaffa
Date Deposited: 23 May 2025 00:49
Last Modified: 23 May 2025 00:49
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year