Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Fajar, Hasbullah (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X dan XI di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (775kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas X dan XI SMA Muhammadiyah 6 Surakarta tahun ajaran 2024/2025. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi, melibatkan 55 siswa sebagai sampel penelitian. Data diperoleh melalui angket dan dokumentasi nilai yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, serta dianalisis menggunakan uji statistik dengan bantuan software SPSS versi 24.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model STAD tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 38,1. Sementara itu, hasil belajar siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata nilai sebesar 82,1. Uji regresi sederhana menunjukkan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,268 dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,072. Hal ini berarti model STAD memberikan pengaruh yang signifikan namun masih rendah terhadap hasil belajar siswa, yakni sebesar 7,2%. Sisanya, sebesar 92,8%, dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, lingkungan belajar, dan pendekatan pengajaran lainnya.
Meskipun pengaruhnya tergolong sedang, model STAD tetap memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa penerapan STAD perlu dikombinasikan dengan pendekatan lain agar efektivitasnya lebih optimal. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya memperhatikan faktor-faktor eksternal dan inovasi dalam proses pembelajaran. Penelitian lanjutan diharapkan dapat memperluas ruang lingkup kajian dan menghasilkan temuan yang lebih mendalam.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: STAD, hasil belajar, Aqidah Akhlak, pendidikan, penelitian kuantitatif.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hasbullah Fajar
Date Deposited: 26 May 2025 01:37
Last Modified: 26 May 2025 01:37
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/152

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year