Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di MI Sudirman Ngemping Tahun Pelajaran 2024/2025

Ilma, Irzan Zidni (2025) Pengaruh Gaya Mengajar Interaksional Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas V Di MI Sudirman Ngemping Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of halaman depan.pdf] Text
halaman depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (743kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sudirman Ngemping. Gaya mengajar interaksional merupakan pendekatan pengajaran yang menekankan pada komunikasi dua arah antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas V MI Sudirman Ngemping yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur gaya mengajar interaksional dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa.
Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar interaksional terhadap hasil belajar siswa, yang dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 48,512 + 0,627X dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya, semakin tinggi kualitas gaya mengajar interaksional yang diterapkan guru, maka semakin tinggi pula hasil belajar siswa.
Temuan ini mendukung teori konstruktivisme sosial yang menyatakan bahwa pembelajaran yang efektif terjadi dalam konteks interaksi sosial. Karena itu, guru disarankan untuk lebih mengoptimalkan gaya mengajar interaksional dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa di MI Sudirman Ngemping.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Gaya Mengajar Interaksional, Hasil Belajar, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Irzan Zidni Ilma
Date Deposited: 28 May 2025 02:08
Last Modified: 28 May 2025 02:08
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/167

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year