Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Wiandani, Muhammad Alfan (2025) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta; (2) Mengetahui apa saja problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta; (3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka belajar.

Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta berjalan sesuai arahan dari pemerintah dan telah diterapkan di semua kelas. (2) Guru PAI menghadapi berbagai problematika, terutama keterbatasan waktu dan sumber daya yang memengaruhi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dan penilaian formatif. (3) Untuk mengatasi hal tersebut, guru PAI aktif mengikuti pelatihan, mengembangkan profesionalisme, serta melakukan sharing sesama guru untuk memperluas ilmu pengetahuan tentang kurikulum merdeka.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problematika, Guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Alfan Wiandani
Date Deposited: 04 Jun 2025 04:32
Last Modified: 04 Jun 2025 04:32
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year