Wiandani, Muhammad Alfan (2025) Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB III.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of BAB IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Problematika Guru Pendidikan Agama Islam dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta; (2) Mengetahui apa saja problematika yang dihadapi oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam penerapan kurikulum merdeka belajar di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta; (3) Mengetahui upaya-upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam mengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka belajar.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Penerapan kurikulum merdeka di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta berjalan sesuai arahan dari pemerintah dan telah diterapkan di semua kelas. (2) Guru PAI menghadapi berbagai problematika, terutama keterbatasan waktu dan sumber daya yang memengaruhi efektivitas pembelajaran berdiferensiasi dan penilaian formatif. (3) Untuk mengatasi hal tersebut, guru PAI aktif mengikuti pelatihan, mengembangkan profesionalisme, serta melakukan sharing sesama guru untuk memperluas ilmu pengetahuan tentang kurikulum merdeka.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problematika, Guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Alfan Wiandani |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 04:32 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 04:32 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/296 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year