Pengaruh Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta

Ma'rifah, Ukhti (2025) Pengaruh Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat belajar siswa terhadap PAI serta penggunaan metode konvensional yang kurang menarik. Joyfull Learning dipilih sebagai pendekatan inovatif yang diyakini mampu menciptakan suasana belajar menyenangkan, meningkatkan keterlibatan siswa, dan mendorong pencapaian hasil belajar yang lebih baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik pengumpulan data berupa angket untuk mengukur penerapan metode Joyfull Learning dan dokumentasi nilai rapor untuk mengetahui hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 73 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji korelasi Pearson dengan bantuan SPSS versi 29.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penerapan metode Joyfull Learning cukup bervariasi. Sebagian besar siswa menilai dalam kategori tinggi (41,1%), namun secara keseluruhan masih lebih dari separuh siswa memberikan penilaian pada kategori rendah dan sangat rendah. Hasil belajar siswa secara umum tergolong tinggi, dengan mayoritas nilai rapor berada di atas KKM. Namun, berdasarkan uji statistik, tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Joyfull Learning dan hasil belajar PAI, dengan nilai korelasi r = 0,213 dan signifikansi p = 0,070 (> 0,05). Metode ini hanya memberikan kontribusi sebesar 4,5% terhadap hasil belajar, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, hipotesis nol (H₀) diterima dan hipotesis alternatif (H₁) ditolak, yang berarti metode Joyfull Learning belum berjalan secara optimal dan belum memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Joyfull Learning, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ukhti Ma'rifah
Date Deposited: 24 Jun 2025 00:56
Last Modified: 24 Jun 2025 00:56
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/412

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year