Pengaruh Penerapan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Hadits pada Siswa Kelas VIII Madrasatul Qur'an Al Mutawassithoh Jajar Islamic Center Tahun Ajaran 2024/2025

Mahmudah, Shafiyah Siti (2025) Pengaruh Penerapan Metode Ceramah terhadap Hasil Belajar Hadits pada Siswa Kelas VIII Madrasatul Qur'an Al Mutawassithoh Jajar Islamic Center Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Shafiyah.pdf] Text
Halaman Shafiyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1 Shafiyah.pdf] Text
BAB 1 Shafiyah.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB 2 Shafiyah.pdf] Text
BAB 2 Shafiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3 Shafiyah.pdf] Text
BAB 3 Shafiyah.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of BAB 4 Shafiyah.pdf] Text
BAB 4 Shafiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5 Shafiyah.pdf] Text
BAB 5 Shafiyah.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka Shafiyah.pdf] Text
Daftar Pustaka Shafiyah.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of Daftar Lampiran Shafiyah.pdf] Text
Daftar Lampiran Shafiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (918kB) | Request a copy

Abstract

Metode ceramah merupakan salah satu metode pembelajaran yang paling sering digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran di kelas, termasuk dalam mata pelajaran Hadits. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode ceramah terhadap hasil belajar Hadits siswa kelas VIII di Madrasatul Qur’an Al Mutawassithoh Jajar Islamic Center.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 56 orang, yang sekaligus menjadi sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket untuk variabel metode ceramah dan dokumentasi nilai untuk variabel hasil belajar Hadits. Instrumen angket diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan rumus Aiken’s V dan Cronbach’s Alpha. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode ceramah dikategorikan baik dengan presentase 33.93%. 2) Hasil belajar Hadits siswa berada pada kategori sangat tinggi dengan presentse 32.14%. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode ceramah terhadap hasil belajar Hadits siswa kelas VIII, dibuktikan dengan hasil uji regresi linier sederhana yang menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,641 (>0,05). Dengan demikian, hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Ceramah, Hasil Belajar, Hadits, Siswa Kelas VIII
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shafiyah Siti Mahmudah
Date Deposited: 26 Jun 2025 01:38
Last Modified: 26 Jun 2025 01:38
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/465

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year