Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Insan Terpadu Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025

Kusumawati, Rani (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Pertama Insan Terpadu Insan Kamil Karanganyar Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (364kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP IT Insan Kamil Karanganyar tahun ajaran 2024/2025. 2) Mengetahui tingkat motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP IT Insan Kamil Karanganyar. 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap motivasi belajar siswa SMP IT Insan Kamil Karanganyar.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan siswa kelas VII, VII dan IX A SMP IT Insan Kamil Karanganyar sebanyak 88 siswa yang sekaligus dijadikan sebagai sampel dengan Teknik total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap mata Pelajaran PAI sebesar 86,36% kategori tinggi. 2) Tingkat motivasi belajar siswa SMP IT Insan Kamil Karangnyar memiliki nilai prensentasi tertinggi sebesar 87,5%. 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa t hitung 3,061 > t tabel 1,993 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,089 menunjukkan bahwa 8,9% variasi motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran Discovery Learning, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun pengaruhnya tergolong rendah, model ini tetap memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Motivasi Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru dan Aktivitas Pembelajaran
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rani Kusumawati
Date Deposited: 30 Jun 2025 02:33
Last Modified: 30 Jun 2025 02:33
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/478

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year