Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kelas X dan XI Tahun Ajaran 2024/2025

Melina, Novita Peggy (2025) Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Perilaku Belajar Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Sukoharjo Kelas X dan XI Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Sukoharjo kelas X dan XI tahun ajaran 2024/2025.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Pengambilan sampel menggunakan teknik Probability Sampling yakni teknik pengambilan yang memberikan kesempatan yang sama kepada semua populasi untuk dijadikan anggota sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pemusatan data mean, median, modus, standar deviasi, skala likert. Pada uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan metode kolmogorov-smirnov serta uji linearitas dan uji hipotesis menggunakan SPSS 25.0.

Hasil penelitian menunjukkan media sosial berada pada kategori “sedang” dengan frekuensi sebanyak 14 peserta didik dan perilaku belajar peserta didik berada pada kategori sedang dengan frekuensi sebanyak 9 peserta didik. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku belajar pendidikan agama Islam pada kurikulum merdeka Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Sukoharjo kelas X dan XI tahun ajaran 2024/2025. Dengan menggunakan uji prasyarat dan uji normalitas metode kolmogorov-smirnov dengan nilai sig 0,200 > 0,05 serta uji linearitas dengan nilai sig 0,764 > 0,05 dan uji hipotesis product moment dengan nilai sig 0,008 < 0,05 menggunakan SPSS versi 25

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Perilaku Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 304 Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkah Laku Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Novita Peggy Melina
Date Deposited: 22 Jul 2025 03:51
Last Modified: 22 Jul 2025 03:51
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/486

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year