Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tarikh Siswa Kelas VII di Ma'had Darul Fikri Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025

Qurrotu'aini, Amalia (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Tarikh Siswa Kelas VII di Ma'had Darul Fikri Ponorogo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model Pembelajaran Project Based Learning dianggap sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa di kelas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar mata pelajaran Tarikh siswa kelas VII di Ma’had Darul Fikri Ponorogo.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Rancangan penelitian ini dilaksanakan di Ma’had Darul Fikri Ponorogo dan sampel yang dipilih yaitu siswa kelas VII yang berjumlah 40 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan melalui uji validitas, uji reliabilitas, dan uji normalitas, dan untuk pengujian hipotesis menggunakan korelasi Pearson Product Moment.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran Project Based Learning menunjukkan resentase sebesar 67,5% dengan kategori cukup; 2) Hasil belajar mata pelajaran Tarikh siswa kelas VII Ma’had Darul Fikri Ponorogo menunjukkan presentase sebesar 52,5% dengan kategori baik; 3) Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilaksanakan menunjukkan bahwa nilai signifikan 0,802 > 0,05, hubungan sangat lemah dan negatif, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis 0 diterima, yang artinya tidak ada pengaruh antara model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar mata pelajaran Tarikh siswa kelas VII di Ma’had darul fikri Ponorogo tahun ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X9 Sejarah Islam
900 Ilmu Sejarah, Sejarah Umum Kejadian > 907 Pendidikan Sejarah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amalia Qurrotu'aini
Date Deposited: 22 Jul 2025 08:40
Last Modified: 22 Jul 2025 08:40
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year