Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Platform Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur'an Al Fithrah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025

Jamila, Jamila (2025) Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Berbasis Platform Youtube terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur'an Al Fithrah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (631kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (410kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Secara umum media pembelajaran adalah alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sebuah media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran dapat membangkitkan ketertarikan serta minat siswa yang lebih tinggi dan juga merangsang motivasi belajar siswa. Media pembelajaran juga membawa pengaruh terhadap psikologis siswa. Semakin menarik media yang digunakan seorang guru, semakin semangat pula siswa dalam proses pembelajaran. Kenyataannya saat ini masih banyak beberapa guru yang belum menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar di kelas. Masih banyak guru yang menerapkan pembelajaran konvensional.
Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan media audio visual berbasis platform youtube terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al Fithrah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan berjumlah 30 siswa. Jenis sampel yang digunakan yaitu seluruh siswa, hal tersebut dikarekan jumlah populasi yang kurang dari 100 maka untuk sampel diambil semuanya.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan : (1)Tingkat penggunaan media audio visual berbasis platform youtube di Madrasah tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al Fithrah Tawangsari dalam kategori sedang yaitu sebanyak frekuensi 13 orang siswa dengan presentase 43%. (2) Tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajara fiqih di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al Fithrah Tawangsari termasuk ke dalam kategori baik, yaitu sebanyak frekuensi 17 orang siswa dengan presentase 56,6%. (3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual berbasis platform youtube dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al Fithrah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025. Pernyataan ini didasarkan atas perhitungan uji hipotesis yang menyatakan pada taraf F_(tabel )sebesar 1,701 hasil pengujian stimultan diperoleh nilai F_(hitung ) 0.001 < F_tabel 1,701 dan nilai signifikan = 0.935 > 0.05. adapun kriteria Ha diterima jika F_(hitung ) > F_(tabel )dengan nilai 0.935 < 1,701. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa variabel media audio visual berbasis platform youtube tidak berpengaruh terhadap variabel hasil belajar fiqih untuk siswa di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al Fithrah Tawangsari.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Berbasis Platform Youtube, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jamila Jamila
Date Deposited: 01 Aug 2025 06:27
Last Modified: 01 Aug 2025 06:27
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year