Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Tarikh Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2024/2025

Paramita, Lukita (2025) Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Tarikh Siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (308kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (377kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh di SMA Muhammadiyah 3 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Rumusan masalah fokus pada sejauh mana PjBL mampu meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa. PjBL dipilih karena menekankan pendekatan kontekstual berbasis proyek, kolaborasi, dan kemampuan pemecahan masalah yang relevan dengan tujuan pembelajaran.
Metode yang digunakan bersifat kuantitatif komparatif dengan sampel 36 siswa kelas XII IPS, yang dipilih melalui purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes pra dan pasca penerapan metode (pre-test dan post-test). Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t berpasangan untuk menguji perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan PjBL.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dengan rata-rata skor pre test sebesar 58,39 yang meningkat menjadi 70,81 pada post test. Nilai signifikansi (Sig. 2 tailed) sebesar 0,000 (< 0,05) menegaskan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tidak terjadi secara kebetulan, melainkan secara statistik signifikan. Kesimpulannya, PjBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Tarikh, mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, dan meningkatkan kepemahaman mendalam terhadap materi. Temuan ini memberi kontribusi signifikan terhadap pengembangan model pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang lebih inovatif, interaktif, dan modern.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Project Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Interaktif, Tarikh.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lukita Paramita
Date Deposited: 08 Aug 2025 00:46
Last Modified: 08 Aug 2025 00:46
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year