Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Fikih di Kelas VIII MTsN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Syafie, Muhammad (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Mata Pelajaran Fikih di Kelas VIII MTsN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halman Depan .pdf] Text
Halman Depan .pdf
Restricted to Registered users only

Download (891kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka .pdf] Text
Daftar Pustaka .pdf

Download (173kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. (2) Mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran berbasis masalah. (3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fikih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Sampel yang diambil sebanyak 55 siswa dari kelas VIII C dan VIII D melalui teknik
stratified random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran Fikih di kelas VIII MTsN 2 Sukoharjo memperoleh penilaian dalam kategori baik dengan nilai frekuensi tertinggi sebanyak 21 responden (38,18%). (2) Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dengan nilai terbanyak dalam kategori sangat baik sebanyak 23 responden (41,82%). (3) Hasil regresi menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan
koefisien regresi sebesar 0,694 atau setara dengan 69,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Fikih kelas VIII di MTsN 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Berpikir Kritis
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syafie Muhammad
Date Deposited: 20 Aug 2025 00:54
Last Modified: 20 Aug 2025 00:54
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/540

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year