Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Materi FIkih Siswa Kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025

Fadhilah, Ilyas (2025) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Materi FIkih Siswa Kelas VIII B Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah Tawangsari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta..

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (325kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman materi fikih siswa kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Tawangsari tahun ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman siswa terhadap materi fikih yang terlihat dari nilai hasil belajar yang belum memenuhi kriteria Kentuntasan Minimal (KKM), serta kurangnya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIB MTs Muhammadiyah Tawangsari yang berjumlah 35 siswa, dan seluruhnya dijadikan sebagai sampel, teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk variabel X (penerapan metode PBL) dan dokumentasi nilai untuk variabel Y (pemahaman materi fikih). Teknik analisis data yang digunakan meliputi validitas isi dengan menggunakan rumus Aikens V, uji Cronbach Alfha, uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Uji – uji tersebut dibantu dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS V26 dan Excel 2021.
Hasil penelitian menunjukan bahwa data telah memenuhi uji prasyarat analisis. Berdasarkan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,042 < 0,05, yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifika antara penerapan metode Problem Based Learning terhadap pemahaman materi fikih siswa. Nilai R Square sebesar 0,145 menunjukan bahwa pengaruh metode pembelajaran PBL terhadap pemahaman materi fikih adalah sebesar 14,5% sedangkan sisanya 85,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Pemahaman Materi Fikih, Metode Pembelajaran.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ilyas Fadhilah
Date Deposited: 20 Aug 2025 00:59
Last Modified: 20 Aug 2025 00:59
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/541

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year