Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025

Afrizal, Muhammad Malik (2025) Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Watukelir Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1)Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Watukelir tahun ajaran 2024/2025. (2)Untuk mengetahui dampak penerapan metode pembelajaran mind mapping dalam pembelajaran Akidah Akhlak Kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Watukelir tahun ajaran 2024/2025
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir. Subjek dan informan adalah Kepala sekolah, Waka kurikulum, Guru PAI, dan Siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber. Kemudian Teknik analisis data dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi data dan Kesimpulan.
Hasil penelitian sebagai berikut (1) sebelum adanya metode pembelajaran mind mapping metode mengajar di SMA muhammadiyah 3 watukelir masih monoton yaitu ceramah. (2) Keefektifan menggunakan metode mind mapping di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir cukup berhasil meningkatkan minat belajar siswa. Penerapan metode pembelajaran mind mapping memiliki beberapa hambatan dalam pelaksanaannya, diantaranya, siswa belum terbiasa dengan mind mapping,belum meratanya pemahaman guru,dll, Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran mind mapping di SMA Muhammadiyah 3 Watukelir terdapat keefektifan dalam peningkatan belajar siswa walaupun terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Penerapan Mind Mapping, Mind Mapping
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Malik Afrizal
Date Deposited: 25 Aug 2025 03:37
Last Modified: 25 Aug 2025 03:38
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/558

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year