Pengaruh Keikutsertaan pada Kegiatan Islamic Study Club (ISC) terhadap Nilai Afektif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025

Nisa, Khoirun (2025) Pengaruh Keikutsertaan pada Kegiatan Islamic Study Club (ISC) terhadap Nilai Afektif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI di SMA Islam Terpadu Nur Hidayah Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keikutsertaan peserta didik kelas XI pada progaram ISC di SMA IT Nur Hidayah sukoharjo, tak hanya itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui nilai afektif peserta didik kelas XI pada mata pelajaran PAI, serta untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara keikutsertaan siswa pada kegiatan ISC terhadap nilai afektif mata pelajaran PAI di kelas XI SMA IT Nur Hidayah sukoharjo tahun ajaran 2024/2025.
Pendekatan pada penelitian ini yaitu merupakan pendekatan kuantitatf dengan jenis penelitian Quantitative Descriptive. Populasi pada penelitian ini berjumlah 281, jumlah populasi tersebut merupakan siswa maupun siswi kelas XI, dengan jumlah sampel 98 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan angket. Teknik analisi yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah mencari nilai korelasi teknik Product Moment dan mencari hubungan antara variabel X serta Y dengan teknik Uji t.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) keikutsertaan pada kegiatan ISC masuk dalam kategori Tinggi dengan presentase 55%; (2) nilai afektif mata pelajaran PAI masuk dalam kategori Tinggi dengan presentase 48%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara keikutsertaan pada kegiatan ISC dengan nilai afektif mata pelajaran PAI. Hal tersebut dibuktikan dengan uji hipotesis nilai korelasi teknik Product Moment dengan nilai korelasi 0,957 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05 yang berarti variabel X dan Y memiliki korelasi, hal ini termasuk dalam derajat hubungan Korelasi Sempurna, dalam bentuk hubungannya ialah positif. Sedangkan hubungan variabel X terhadap Y yang menggunakan teknik Uji t memiliki Hasil nilai signifikan 0,001 < 0,05 yang artinya terdapat hubungan antara kegiatan ISC dengan nilai afektif mata pelajaran PAI, dengan nilai tHitung > tTabel (3,305 > 1,660), H0 ditolak Ha diterima. Dari hasi tersebut dapat di dimpulkan bahwa terdapat pengaruh keikutsertaan pada kegiatan ISC terhadap nilai afektif mata pelajaran PAI siswa kelas XI di SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Keikutsertaan, Islamic Study Club, Nilai Afektif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.072 Riset Penelitian Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoirun Nisa
Date Deposited: 16 Sep 2025 03:32
Last Modified: 16 Sep 2025 03:32
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year