Penggunaan Metode Reward and Punishment pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Rohman, Fajri Nur (2025) Penggunaan Metode Reward and Punishment pada Mata Pelajaran Fiqih di SMP Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (278kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini, pertama untuk mengetahui penggunaan metode reward and punishment pada mata pelajaran fiqih di SMP Ta’mirul Islam Surakarta. Kedua, untuk mengetahui bentuk reward dan punishment pada mata pelajaran fiqih di SMP Ta’mirul Islam Surakarta. Ketiga, untuk mengetahui dampak pelaksanaan reward dan punishment pada mata pelajaran fiqih di SMP Ta’mirul Islam Surakarta.
Jenis penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Ta’mirul Islam Surakarta pada bulan Oktober 2024-Mei 2025. Subjek penelitian ini adalah guru fiqih, kepala sekolah, dan siswa kelas VIII A dan B. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, display data, dan interpretasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode reward and punishment pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A dan B di SMP Ta’mirul Islam Surakarta terlaksanakan secara terstruktur dan sistematis. Adapun bentuk penerapan metode reward pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A dan B di SMP Ta’mirul Islam Surakarta berupa verbal dan non verbal. Adapun dampak penerapan reward and punishment pada mata pelajaran fiqih kelas VIII A dan B di SMP Ta’mirul Islam Surakarta memberikan dampak yang positif yang sesuai dengan tujuan penerapan reward and punishment itu sendiri yaitu bertambahnya motivasi dan semangat belajar siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Reward and Punishment, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fajri Nur Rohman
Date Deposited: 03 Sep 2025 03:15
Last Modified: 03 Sep 2025 03:15
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year