Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Lentera Qur’ani Tahun Ajaran 2024/2025

Amalia, Ervil (2025) Pengaruh Pemberian Reward terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMP IT) Lentera Qur’ani Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN UTAMA.pdf] Text
HALAMAN UTAMA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (266kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (604kB) | Request a copy

Abstract

Pemberian reward merupakan bentuk penghargaan yang diberikan kepada siswa sebagai upaya untuk meningkatkan semangat dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemberian reward pada siswa kelas XI di SMP IT Lentera Qur’ani pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Tahun Ajaran 2024/2025, (2) mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik analisis regresi linear sederhana. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket skala Likert yang disebarkan kepada seluruh populasi siswa kelas XI berjumlah 53 orang (sampel total).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemberian reward berada dalam kategori sedang dengan 37 siswa (69,8%) dari total 53 responden, (2) motivasi belajar siswa juga berada dalam kategori sedang dengan jumlah 41 siswa (77,4%), dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai t hitung 3,086 > t tabel, serta nilai koefisien regresi sebesar 0,319. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian reward berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT Lentera Qur’ani Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Additional Information: Pendidikan Agama Islam
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ervil Dwi Amalia
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:37
Last Modified: 03 Sep 2025 06:37
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/609

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year