Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII D SMP Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Al Batar, Saifulloh (2025) Pengaruh Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII D SMP Ta'mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL.pdf] Text
HALAMAN JUDUL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (661kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (256kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui penerapan kurikulum merdeka belajar kelas VII D SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, 2) mengetahui hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII D SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025, 3) mengetahui pengaruh kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar Fiqih kelas VII D SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.
Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebanyak 30 siswa. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII D sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis korelasi dengan teknik analisis data berupa analisis regresi linear sederhana. Untuk pengujian uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan kurikulum merdeka tergolong tinggi berjumlah 12 siswa atau 40%, 2) Hasil belajar fiqih tergolong rendah berjumlah 16 siswa atau 53%, 3) Dari hasil analis data bahwa kurikulum merdeka terhadap hasil belajar berpengaruh posistif secara signifikan dengan nilai sebesar 0,000 (< 0,05). Karena nilai r hitung 0,714 lebih besar dari r tabel 0,361. Maka dengan demikian H0 ditolak H1 diterima, sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara kurikulum merdeka belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran Fiqih kelas VII D SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Saifulloh Al Batar
Date Deposited: 08 Sep 2025 02:16
Last Modified: 08 Sep 2025 02:16
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/621

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year