Pengaruh Media Pembelajaran Funcard terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an-Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al-Fatah Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Ardhiansyah, Fatah (2025) Pengaruh Media Pembelajaran Funcard terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Qur’an-Hadits di Madrasah Tsanawiyah Tahfidzul Qur’an Al-Fatah Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Fun Card terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Qur’an-Hadits di MTs Tahfidzul Qur’an Al-Fatah Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Latar belakang penelitian ini didasari oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pelajaran Qur’an-Hadits yang cenderung disampaikan secara monoton dan kurang menarik. Untuk itu, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat memotivasi dan melibatkan siswa secara aktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksplanatori. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket kepada 75 siswa sebagai responden. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan menggunakan SPSS, dan analisis data menggunakan uji t serta koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Fun Card memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,001 (< 0,05). Nilai koefisien determinasi sebesar 66,6% menunjukkan bahwa lebih dari separuh variasi minat belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan media Fun Card. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa guru perlu mengadopsi media pembelajaran yang inovatif dan menarik guna meningkatkan efektivitas pembelajaran agama Islam, hususnya Qur’anHadits. Media Fun Card dapat menjadi alternatif strategis dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, partisipatif, dan menyenangkan bagi siswa.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Fun Card, Learning Interest, Qur’an-Hadits, Learning Media
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fatah Ardhiansyah
Date Deposited: 09 Sep 2025 04:24
Last Modified: 09 Sep 2025 04:25
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/622

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year