Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Iqro Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025

Muthmainnah, Dewi (2025) Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kreativitas Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Iqro Boyolali Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (323kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Project Based Learning dianggap sebagai faktor penyebab kreativitas belajar Pendidikan agama Islam di SMPIT Iqro Boyolali. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi kuantitatif pembelajaran model Project Based Learning, kreativitas belajar dan pengaruh model Prjocet Baseed Learning terhadap Kreativitas belajar Pendidikan agama Islam pada seluruh siswa di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Iqro Boyolali tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan responden yang diambil dari seluruh siswa yaitu ada 68 siswa. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis untuk validitas dengan menggunakan rumus Aikens V, uji Cronsbach’s Alpha, uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov, uji linearitas dengan membandingkan Sig. Deviation Linearity, dan uji hippotesis menggunakan regresi linear sederhana. Uji-uji tersebut dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 31 dan Excel 2019.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya model Project Based Learning berkategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 45.13 dan Kreativitas belajara Pendidikan Agama Islam dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 30.87. Hasil perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan anatara variabel independent dengan variabel dependent dengan nilai si gnifikasi sebesar 0,002 < 0,05 dan koefisien determinasi (R square) yang dihasilkan dari kedua variabel tersebut adalah 37,3%.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Model Project Based Learning, Kreativitas Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Muthmainnah
Date Deposited: 15 Sep 2025 00:49
Last Modified: 15 Sep 2025 00:49
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year