Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Gatak 2 Tahun Ajaran 2024/2025

Amin, Dzikri Khoirul (2025) Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Gatak 2 Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (758kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (482kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Metode Talking Stick dianggap sebagai faktor penyebab baiknya hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran fikih. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran Fikih.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil adalah kelas VII A yang berjumlah 31 siswa, yang dimana pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan uji tes soal uraian, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk validitas menggunakan validasi isi yaitu dengan menggunakan rumus Aikens V, uji Cronbach Alfha, uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji linieritas dengan membandingkan Sig. Deviation Linieaity, dan uji signifikansi koefisien korelasi menggunakan Product Moment. Uji-uji tersebut dibantu dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 dan excel 2016.
Hasil penelitin ini menunjukan bahwasannya Metode Talking Stick dikategorikan Cukup atau mencapai 46,29 dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih dalam kategori Baik atau mencapai 88,19. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih dibuktikan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan metode korelasi Product Moment dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Sedangakan berdasarkan nilai R hitung (Pearson Correlations) yaitu 0,794 masuk dalam kategori Tinggi.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Talking Stick, Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih.
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dzikri Khoirul Amin
Date Deposited: 12 Sep 2025 01:34
Last Modified: 12 Sep 2025 01:34
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/634

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year