Amin, Dzikri Khoirul (2025) Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Gatak 2 Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul Ulum Surakarta.
![[thumbnail of Halaman Depan.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Halaman Depan.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab I.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab I.pdf
Download (758kB)
![[thumbnail of Bab II.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (795kB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab III.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab III.pdf
Download (978kB)
![[thumbnail of Bab IV.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of Bab V.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bab V.pdf
Download (482kB)
![[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Daftar Pustaka.pdf
Download (469kB)
![[thumbnail of Lampiran.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Metode Talking Stick dianggap sebagai faktor penyebab baiknya hasil belajar siswa kelas VII A pada mata pelajaran fikih. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui seberapa besar Pengaruh Metode Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII A Pada Mata Pelajaran Fikih.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang diambil adalah kelas VII A yang berjumlah 31 siswa, yang dimana pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan uji tes soal uraian, obsevasi, dan dokumentasi. Teknik analisis untuk validitas menggunakan validasi isi yaitu dengan menggunakan rumus Aikens V, uji Cronbach Alfha, uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, uji linieritas dengan membandingkan Sig. Deviation Linieaity, dan uji signifikansi koefisien korelasi menggunakan Product Moment. Uji-uji tersebut dibantu dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi 25 dan excel 2016.
Hasil penelitin ini menunjukan bahwasannya Metode Talking Stick dikategorikan Cukup atau mencapai 46,29 dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih dalam kategori Baik atau mencapai 88,19. Adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Penggunaan Metode Pembelajaran Talking Stick dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fikih dibuktikan dengan menggunakan uji hipotesis dengan menggunakan metode korelasi Product Moment dengan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05, Sedangakan berdasarkan nilai R hitung (Pearson Correlations) yaitu 0,794 masuk dalam kategori Tinggi.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Talking Stick, Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih. |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dzikri Khoirul Amin |
Date Deposited: | 12 Sep 2025 01:34 |
Last Modified: | 12 Sep 2025 01:34 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/634 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year