Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih di SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Al Bari, Muhammad Umar (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Chips terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih di SMP Ta’mirul Islam Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Judul.pdf] Text
Halaman Judul.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran tipe talking chips terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII di SMP Ta’mirul Islam Surakarta. Model pembelajaran tipe talking chips adalah strategi pembelajaran kooperatif yang memberikan kesempatan merata kepada setiap siswa untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok melalui penggunaan chips (kartu) dalam berbicara. Hasil belajar merupakan kemampuan yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur melalui tes.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Ta’mirul Islam Surakarta berjumlah 20 siswa, Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar Fikih (variabel Y) dan dianalisis menggunakan uji Independent Samples t-Test melalui program SPSS. Dari hasil uji validitas, diperoleh hasilnya yaitu 20 soal dengan valid dengan nilai <0,361, serta hasil kuesioner dengan nilai rata-rata sebesar 81. Uji reliabilitas angket tingkah laku menunjukkan nilai Alpha Chombach 0,876.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil belajar Fikih dengan model pembelajaran tipe talking chips adalah sebesar 77,2 yang termasuk kategori sedang, (2) hasil uji Independent Samples t-Test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05 dengan t-hitung 5,239, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan selisih rata-rata 16,320 (3) dengan demikian, model pembelajaran tipe talking chips berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran Fikih siswa kelas VIII A di SMP Ta’mirul Islam Surakarta.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tipe Talking Chips, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Umar Al Bari
Date Deposited: 02 Oct 2025 03:20
Last Modified: 02 Oct 2025 03:21
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year