Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Animasi Kisah Teladan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tujuh Progam Unggulan Colomadu Tahun Ajaran 2024/2025

Al Fatih, Moh Zaki (2025) Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Animasi Kisah Teladan terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Tujuh Progam Unggulan Colomadu Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf] Text
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (241kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB) | Request a copy

Abstract

Metode pembelajaran berbasis animasi kisah teladan merupakan salah satu strategi inovatif yang dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Melalui visualisasi animasi yang menarik, kisah-kisah teladan Rasulullah SAW dan para sahabat dapat disajikan dengan cara yang lebih hidup, menyentuh emosi, serta mudah dipahami oleh siswa. Dengan demikian, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan kognitif, tetapi juga termotivasi untuk meneladani nilai-nilai akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini menjadikan metode berbasis animasi kisah teladan relevan sebagai media pembelajaran modern yang efektif untuk meningkatkan pemahaman, motivasi, dan internalisasi nilai-nilai Islami dalam diri peserta didik.
Penelitian ini bertujuan antara lain 1) Menganalisis metode pembelajran berbasis animasi kisah teladan di SMP Muhammadiyah 7 Progam Unggulan tahun ajaran 2024/2025. 2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 7 Progam Unggulan tahun ajaran 2024/2025. 3)Mengukur pengaruh metode pembelajaran berbasis animasi kisah teladan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di SMP Muhammadiyah 7 Progam Unggulan tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis ex-post facto. Data dikumpulkan melalui kuisioner, dan dokumentasi. Sampel dalam penelitian ini sebesar 40 siswa yang ada di SMP Muhammadiyah 7 Progam Unggulan. Penelitian ini menganalisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test dan uji korelasi.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Penerapan metode pembelajaran berbasis animasi kisah teladan di SMP Muhammadiyah 7 Program Unggulan Colomadu terbukti efektif dalam pembelajaran Aqidah Akhlak. Siswa menunjukkan antusiasme lebih tinggi, aktif bertanya, menjawab, dan berdiskusi. Animasi yang menarik mempermudah pemahaman serta memperkuat internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kehidupan sehari-hari. 2) Hasil belajar Aqidah Akhlak siswa meningkat pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotor setelah penerapan metode animasi kisah teladan. 3) Penggunaan metode pembelajaran berbasis animasi kisah teladan tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Aqidah Akhlak, dengan nilai signifikansi 0,791 (>0,05). Pengaruhnya hanya 0,02%, sedangkan 99,8% dipengaruhi oleh faktor lain, termasuk kebiasaan akhlaqul karimah baik di sekolah maupun di rumah.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Animasi Kisah Teladan, Hasil Belajar Aqidah
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Zaki Al Fatih
Date Deposited: 10 Oct 2025 02:13
Last Modified: 10 Oct 2025 02:13
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year