Kholida, Hasna Rifatul (2025) Pengaruh Metode Joyful Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Al Firdaus Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
![[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 1.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 1.pdf
Download (631kB)
![[thumbnail of BAB 2.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (721kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 3.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 3.pdf
Download (705kB)
![[thumbnail of BAB 4.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (903kB) | Request a copy
![[thumbnail of BAB 5.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
BAB 5.pdf
Download (530kB)
![[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (358kB)
![[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.iimsurakarta.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Joyful Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Al Firdaus Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025. Permasalahan yang kerap muncul dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah adalah kurangnya keterlibatan dan motivasi siswa karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah yang bersifat monoton.
Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis regresi sederhana. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa SMA Al Firdaus sebanyak 71 orang, dengan jumlah sampel 41 siswa. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur variabel Joyful Learning dan dokumentasi nilai Ujian Akhir Semester untuk mengukur hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis melalui uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, serta uji regresi menggunakan program SPSS versi 25.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan Joyful Learning berada pada kategori cukup baik. Nilai hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa tergolong tinggi dengan rata-rata 84,5. Namun, uji regresi menghasilkan signifikansi sebesar 0,728 (> 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Joyful Learning tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa walaupun Joyful Learning mampu menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan serta meningkatkan keaktifan siswa, pencapaian kognitif lebih banyak ditentukan oleh faktor lain, seperti motivasi intrinsik, kemampuan awal siswa, maupun strategi evaluasi yang diterapkan guru.
Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Joyful Learning, Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hasna Rifatul Kholida |
Date Deposited: | 17 Oct 2025 06:24 |
Last Modified: | 17 Oct 2025 06:24 |
URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/775 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year