Al Atsaryyah, Tashfiyah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Tipe Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab I.pdf
Download (774kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (705kB)
Bab III.pdf
Download (809kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Download (577kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (485kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode active learning tipe inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Dengan Populasi dan sampel (sampling jenuh) yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 33 siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. serta analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode active learning tipe inquiry 39,4% berada pada kategori rendah, 2) Sebagian besar 39,4% hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (r = -0,158; sig. = 0,381 > 0,05). Kontribusi metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar sebesar 2,5%, sedangkan 97,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun demikian, metode active learning tipe inquiry tetap penting sebagai metode yang menekankan keaktifan, berpikir kritis, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Active Learning Tipe Inquiry, Hasil Belajar |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Tashfiyah Al Atsaryyah |
| Date Deposited: | 31 Oct 2025 01:59 |
| Last Modified: | 31 Oct 2025 01:59 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

