Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Tipe Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2024/2025

Al Atsaryyah, Tashfiyah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Active Learning Tipe Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I.pdf] Text
Bab I.pdf

Download (774kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf

Download (809kB)
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (577kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (485kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode active learning tipe inquiry dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasional. Dengan Populasi dan sampel (sampling jenuh) yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 33 siswa di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. serta analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode active learning tipe inquiry 39,4% berada pada kategori rendah, 2) Sebagian besar 39,4% hasil belajar siswa berada pada kategori tinggi. 3) Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (r = -0,158; sig. = 0,381 > 0,05). Kontribusi metode active learning tipe inquiry terhadap hasil belajar sebesar 2,5%, sedangkan 97,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Meskipun demikian, metode active learning tipe inquiry tetap penting sebagai metode yang menekankan keaktifan, berpikir kritis, dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Metode Active Learning Tipe Inquiry, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tashfiyah Al Atsaryyah
Date Deposited: 31 Oct 2025 01:59
Last Modified: 31 Oct 2025 01:59
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year