Pengaruh Kedisiplinan dan Kepatuhan Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025

Putri, Gita Amalia (2025) Pengaruh Kedisiplinan dan Kepatuhan Siswa terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (406kB)
[thumbnail of BAB 2.pdf] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[thumbnail of BAB 3.pdf] Text
BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4.pdf] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 5.pdf] Text
BAB 5.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Upload Lampiran.pdf] Text
Upload Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan dan kepatuhan siswa terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik
pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi nilai hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah 10 Surakarta pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan jumlah responden 33 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket untuk mengukur kedisiplinan dan kepatuhan siswa, yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas dengan 22 item valid dan reliabel karena R-hitung>R-Tabel dan nilai Cronbach alpha > sig 0,5 dan dokumentasi nilai rapor untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknis analisis data menggunakan ststistik deskriptif dengan bantuan SPSS versi 29 . Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat kedisiplinan dan kepatuhan yang tergolong tinggi hingga sangat tinggi. Namun, berdasarkan uji hipotesis dengan korelasi Pearson Product Moment, diketahui bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kedisiplinan terhadap hasil belajar (sig. 0,736 > 0,05) maupun antara variabel kepatuhan terhadap hasil belajar (sig. 0,587> 0,05). Variabel kedisiplinan dan kepatuhan siswa secara bersama-sama tidak memiliki pengaruh terhadap hasil
belajar siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta, dikarenakan nilai sig(2-tailed) 0,736> nilai signifikan 0,05. Kedisiplinan dan Kepatuhan Siswa Terhadap Hasil Belajar hanya berpengaruh sebesar 0,37 % terhadap hasil belajar
siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Kepatuhan, Hasil Belajar
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Gita Amalia Putri
Date Deposited: 03 Nov 2025 08:38
Last Modified: 03 Nov 2025 08:38
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year