Apriliana, Alfina Rona (2025) Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif tentang Budaya Daerah Indonesia terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Jamsaren Surakarta Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (342kB)
Bab I.pdf
Download (139kB)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (190kB)
Bab III.pdf
Download (531kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (294kB)
Bab V.pdf
Download (103kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (102kB)
Abstract
Tuntutan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini diharapkan agar seseorang dapat menguasai informasi dan pengetahuan. Kurangnya pengetahuan tentang pendidikan menjadikan dampak yang kurang baik dalam dunia pendidikan, dalam hal ini media adalah sarana pendidikan yang sangat penting untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah pertama, Mengetahui penggunaan media LKPD Interaktif dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila tentang budaya daerah indonesia, Kedua untuk memperoleh hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan yang ketiga Mengetahui seberapa berpengaruh penggunaan media LKPD Interaktif dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila tentang budaya daerah Indonesia siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Jamsaren Surakarta
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Jamsaren, Kecamatan Serengan Kabupaten Surakarta yang berjumlah 37 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islam Jamsaren Surakarta dengan pengambilan sampel menggunakan sampling total yang berjumlah 37 peserta didik. Sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket dan dokumentasi yang mana instrument angket telah tervalidasi dan reliabel. Selanjutnya dianalisa dengan Analisa unit dan uji prasyarat dan diakhiri dengan uji hipotesis dengan menggunakan product moment dan uji regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan 1) Bahwa penggunaan media LKPD Interaktif yang diterapkan guru kelas menghasilkan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 37 dari 37 peserta didik kelas IV dengan kategori sangat tinggi sebanyak 6 peserta didik, tinggi 13 peserta didik, rendah 12 peserta didik dan sangat rendah 4 peserta didik yang mana di ukur dari angket yang telah diberikan kepada peserta didik. 2) Pada hasil belajar dihasilkan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 75 sedangkan meanya adalah 81,75676 dengan standar deviasi 4.323. bahwa hasil dari media LKPD Interaktif peserta didik mendapatkan kategori sangat tinggi sebanyak 9 peserta didik, tinggi sebanyak 8 peserta didik, rendah 14 peserta didik dan sangat rendah 6 peserta didik. 3) Media pembelajaran LKPD Interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0.776. Hal tersebut karena memiliki nilai sig 0.000 atau < 0.05. dengan demikian peningkatan media pembelajaran LKPD Interaktif akan meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 77.6%.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media LKPD Interaktif, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila, Budaya Daerah Indonesia |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Alfina Rona Apriliana |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 02:46 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 02:46 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/835 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

