Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari Tahun Ajaran 2024/2025

Yusuf, Muhammad (2025) Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.

[thumbnail of Halaman Depan.pdf] Text
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (689kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (603kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (716kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (371kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas I Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari tahun ajaran 2024/2025, 2) mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, 3) seberapa besar pengaruh penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas I Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 180 siswa dengan sampel jenuh sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dengan skala Likert dan dokumentasi nilai ulangan akhir semester. Kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, serta korelasi product moment dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Fiqih berada pada kategori sedang, 2) hasil belajar Fiqih siswa mayoritas berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai 95,91, 3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,116 dengan taraf signifikansi 0,198 (>0,05). ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar Fiqih siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media PowerPoint belum berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Fiqih. Media PowerPoint hanya berfungsi sebagai salah satu alat bantu dalam pembelajaran bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan belajar siswa. Faktor lain seperti motivasi belajar, metode pengajaran guru, serta kondisi lingkungan belajar juga memiliki peran penting dalam memengaruhi hasil belajar.

Item Type/Tipe Dokumen: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Media Power Point, Hasil Belajar, Fiqih
Subjects: 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam
200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Yusuf
Date Deposited: 28 Nov 2025 07:07
Last Modified: 28 Nov 2025 07:07
URI: https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year