Yusuf, Muhammad (2025) Pengaruh Penggunaan Media Power Point terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Fiqih pada Siswa Kelas 1 Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (689kB)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (603kB)
BAB III.pdf
Download (716kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (858kB)
BAB V.pdf
Download (371kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (479kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) tingkat penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Fiqih pada siswa kelas I Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari tahun ajaran 2024/2025, 2) mengetahui tingkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, 3) seberapa besar pengaruh penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar Fiqih siswa kelas I Madrasah Tsanawiyah Imam Bukhari tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi penelitian berjumlah 180 siswa dengan sampel jenuh sebanyak 125 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket tertutup dengan skala Likert dan dokumentasi nilai ulangan akhir semester. Kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, serta korelasi product moment dengan bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat penggunaan media PowerPoint dalam pembelajaran Fiqih berada pada kategori sedang, 2) hasil belajar Fiqih siswa mayoritas berada pada kategori tinggi dengan rata-rata nilai 95,91, 3) hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa koefisien korelasi sebesar 0,116 dengan taraf signifikansi 0,198 (>0,05). ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan media PowerPoint terhadap hasil belajar Fiqih siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media PowerPoint belum berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Fiqih. Media PowerPoint hanya berfungsi sebagai salah satu alat bantu dalam pembelajaran bukan faktor utama yang menentukan keberhasilan belajar siswa. Faktor lain seperti motivasi belajar, metode pengajaran guru, serta kondisi lingkungan belajar juga memiliki peran penting dalam memengaruhi hasil belajar.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media Power Point, Hasil Belajar, Fiqih |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X4 Fikih, Fiqih, Fiqh, Hukum Islam 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan Islam > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Muhammad Yusuf |
| Date Deposited: | 28 Nov 2025 07:07 |
| Last Modified: | 28 Nov 2025 07:07 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/872 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

