Oktafiani, Eka Nur (2025) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Institut Islam Mamba'ul 'Ulum Surakarta.
Halaman Depan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (563kB)
BAB 1 .pdf
Download (92kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (260kB)
BAB 3.pdf
Download (207kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (221kB)
BAB 5.pdf
Download (21kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (158kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (891kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui tingkat penggunaan Metode Diskusi siswa kelas VIII di MTsN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025; (2) Mengetahi hasil belajar Fikih siswa kelas VIII di MTsN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025; (3) Mengetahui pengaruh penggunaan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Fikih siswa kelas VIII di MTsN 2 Sukoharjo tahun ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 64 orang. Data dikumpulkan melalui angket untuk mengukur metode diskusi dan dokumentasi nilai UTS untuk mengukur hasil belajar. Instrumen angket telah diuji validitasnya menggunakan rumus Aiken’s dan reliabilitasnya melalui uji Cronbach’s Alpha dengan hasil 0,976, menunjukkan tingkat reliabilitasnya yang sangat tinggi. Data dianalisis dengan bantuan perangkat lunak SPSS, melalui uji normalitas, linearitas, dan korelasi Pearson Product Moment.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat penggunaan metode diskusi siswa kelas VIII berada pada kategori tinggi dengan indikator dominan berupa dorongan dan kebutuhan untuk belajar serta adanya cita-cita masa depan yang jelas. (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih juga berada dalam kategori baik, sebagian besar siswa memperoleh nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). (3) Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara metode diskusi dengan hasil belajar Fikih, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai korelasi sebesar 0,452. Artinya, semakin tinggi metode diskusi ysng digunakan oleh siswa, maka semakin tinggi pula hasil belajar Fikih yang dicapai. Besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 26,6% berdasarkan nilai R Square. Sisanya, yaitu 73,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar metode Diskusi. Dengan demikian, Ha diterima dan Ho ditolak. Temuan ini memberikan implikasi bahwa guru dan pihak sekolah perlu lebih memperhatikan dan meningkatkan strategi pembelajaran yang mampu memicu siswa agar betah dan tidak bosan untuk belajar, baik melalui metode diskusi, metode pembelajaran yang variatif, maupun lingkungan belajar yang mendukung.
| Item Type/Tipe Dokumen: | Skripsi |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi, Hasil Belajar |
| Subjects: | 200 Agama, Kepercayaan > 2X0 Islam > 2X0.07 Pendidikan Agama Islam 300 Ilmu-ilmu Sosial, Pendidikan, Hukum, dll. > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Eka Nur Oktafiani |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 02:31 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 02:31 |
| URI: | https://eprints.iimsurakarta.ac.id/id/eprint/930 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year

